primbon jawa lengkap | Mencari Wuku (7)

Mencari Wuku (7)
Kelahiran 1995 dan 1996


Pada tulisan terdahulu telah dibeberkan 30 Wuku lengkap dengan gambarnya, ciri-cirinya, watak dan karakternya, serta kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan tanggal, hari pasaran dan tahun kelahiran setiap individu yang bernaung dalam satu wuku. Untuk selanjutnya, cara mengetahui wuku yang bersangkutan, dapat dicari pada tabel A yang menampilkan tanggal bulan dan tahun kelahiran.
Pada edisi ini ditampilkan tabel bagi mereka yang lahir pada tahun 1995 dan 1996.
Caranya :
Pada tabel A tahun 1995 dan 1996 tersebut dapat dilihat tanggal kelahiran (deretan angka di baris paling atas) dan bulan kelahiran (deretan bulan di kolom samping).
Misalkan anak yang lahir pada 7 Mei 1995. Cara mencari Wukunya adalah sebagai berikut: Pada kolom angka (tgl) 7 urutkan ke bawah deretan angkanya sampai bertemu dengan kotak dari bulan Mei yang ditarik ke kanan. Pertemuan antara kolom tanggal dan kolom bulan tersebut menunjuk pada kotak yang berangka 50
Tabel A tahun 1995

Langkah selanjutnya adalah melihat di tabel B di kolom yang bernomor 50. Angka 50 pada Tabel B menunjuk pada Wuku Wariagung, Wuku nomor 8 dengan hari lahir atau weton Minggu Legi.
Jadi yang lahir pada 7 Mei 1995 wetonnya adalah Minggu Paing dan wukunya adalah Wariagung.
Dengan cara yang sama dapat dicari untuk yang lahir pada 9 Sertember 1996, maka akan ketemu angka 121, yakni Wuku no 18, Wuku Marakeh dengan weton Senin Paing.
Tabel A tahun 1996


Wuku Wariagung. (karya Herjaka HS)

Wuku Marakeh (karya Herjaka HS)
Herjaka HS
Sumber : Djoko Mulyono, Kalender Pawukon 200 tahun.

Posting Komentar untuk "primbon jawa lengkap | Mencari Wuku (7)"

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu